-->

Daftarin Emailmu!

Oleh FeedBurner

Apa Aja Struktur Fabel Itu? Apa sih Orietansi, Komplikasi, dan Resolusi?

Pertanyaan: Apa Aja Struktur Fabel Itu? Apa sih Orietansi, Komplikasi, dan Resolusi?



Oke kali Ini Catatan Web School mau jelasih apa sih itu struktur penulisan fabel, apa aja struktur teks fabel, dan seperti apa contohnya.


Jadi langsung aja kita mulai dari:


Apa Sih Itu Struktur Teks Fabel? 

Oh iya, mungkin ada yang belum tahu apa itu fabel. Fabel adalah jenis cerita fiksi, tepatnya cerita fiksi yang tokohnya berupa hewan.


Contohnya nih yang pasti kamu tahu, Cerita Si Kancil. Dongeng / cerita si kancil merupakan salah satu cotoh fabel.


Haa, didalam teks fabel kamu pasti menemukan pendahuluan atau pengenalan tokoh, terus munculnya masalah, sampai masalah memuncak. Dan akhirnya akan muncul peredaan masalah, dan paling terakhir biasanya akan ada penyimpulan dari teks fabel itu.


Dan Bagian-bagian tersebut merupakan "Struktur Teks Fabel"


Jadi Struktur Teks Fabel adalah suatu rangkaian yang terdapat pada sebuah teks yang sifatnya membangun, salah satunya pada cerita fabel.


Apa Aja Struktur Teks Fabel?

Umumnya ada 3 struktur teks fabel, tapi lebih lengkapnya ada 5...apa aja?

Secara Umum Ada 3 struktur:

1. Orientasi
2. Komplikasi
3. Resolusi

Dan tambahannya adalah:

1. Klimaks
2. Koda

Kalau diurutkan jadi seperti ini:

1. Orientasi
2. Komplikasi
3. Klimaks
4. Resolusi
5. Koda

Aduhh kayaknya udah bingung butuh penjelasan nih! Gak papa di bawah penjelasannya!

Boleh banget baca:



Penjelasan

1. Orientasi

Apa itu Orientasi?

Orientasi adalah bagian pendahuluan cerita dengan memperkenalkan tokoh-tokoh dan latar (tempat) terjadinya cerita tersebut. Jadi Gak salah kalau di awal cerita pasti kita akan menemukan tokoh, latar, dan suasana dalam cerita tersebut.

Bagaimana Pengungkapan kalimat dalam Struktur Orientasi?

Pada Struktur Orientasi, pengungkapan kalimat diawali dengan pendeskripsian latar dan kegiatan tokoh.

2. Komplikasi

Apa itu Komplikasi?

Komplikasi adalah bagian dari permulaan munculnya permasalahan diantara tokoh tokoh dalam cerita fabel. Komplikasi mengantarkan cerita menuju klimaks.

Bagaimana Pengungkapan Kalimat dalam Struktur Orientasi?

Pengungkapan Kalimat dalam struktur fabel Komplikasi adalah diawali dengan konflik batin, konflik fisik, serta perubahan latar dan peristiwa yang tidak mengenakkan tokoh.

3. Klimaks

Apa itu Klimaks?

Klimaks adalah bagian dimana masalah dari cerita tersebut memuncak.

Bagaimana Pengungkapan kalimat dalam Struktur Klimaks?

Hampir sama dengan Komplikasi pengungkapan Kalimat dalam struktur fabel Klimaks adalah diawali dengan konflik batin, konflik fisik, serta perubahan latar dan peristiwa yang tidak mengenakkan tokoh. Tapi lebih menyulitkan tokoh utama

4. Resolusi

Apa itu Resolusi?
Resolusi adakah bagian dari pemecahan masalah yang dihadapi para tokoh dan menjadi akhir dari cerita.

Bagaimana Pengungkapan kalimat dalam Struktur Resolusi?

Pengungkapan Kalimat dalam struktur fabel Resolusi adalah  Dengan ditandai meredanya konflik, biasannya ada dialog yang mengonkretkan bahwa masalah memang benar benar selesai.

5. Koda

Koda sendiri nggak selalu ada dalam setiap cerita febel, yang tidak terdapat koda disebut fabel Non-Koda
Apa itu Koda?
Koda adalah bagian terakhir dari fabel yang berisi perubahan watak pada tokoh dan adanya pelajaran yang dapat dipetik.

Bagaimana Pengungkapan Kalimat dalam Struktur Koda?

Pengungkapan Kalimat berisi Amanat Atau pesan pengarang epaa pembaca.


Contoh Struktur Fabel

Cerita ini diambil dari situs: Romawiki


Kuda Yang Memakai Kulit Harimau

Orientasi

  Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat, kuda itu telah puas memakan gandum yang ada di ladang itu dia terlihat gembira karena tidak ada petani gandum menjaga ladangnya.
Ketika dia menuju hutan lebat di tengah jalan sang kuda melihat sesuatu dengan heran seperti sebuah kulit harimau lalu kuda itu mendekatinya dan ternyata memang benar apa yang dia lihat adalah sebuah kulit harimau yang tidak sengaja ditinggalkan oleh para pemburu harimau. Kuda itu mencoba memakai kulit harimau itu dan ternyata pas ditubuhnya.
Komplikasi

  Lalu terlintas di benak kuda itu untuk menakuti hewan-hewan hutan yang melewati dirinya, kuda itu bergegas mencari tempat untuk bersembunyi. Tempat itu harus terlihat gelap dan sering dilalui oleh beberapa hewan hutan. Akhirnya dia menemukan semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi dan kuda itupun masuk ke semak-semak dengan menggunakan kulit harimaunya, di semak-semak kuda itu bersembunyi menunggu hewan hutan yang melewatinya dan tidak lama kemudian beberpa domba gunung berjalan ke arah dirinya kuda itu kini bersiap-siap untuk meloncat.
  Ketika domba-domba itu melewati kuda yang sedang bersembunyi kuda itu meloncat ke arah domba-domba itu dan serentak domba-domba itu berlarian kesana kemari mereka ketakukan dengan kulit harimau yang di pakai oleh kuda itu. Sang kuda hanya tertawa setelah domba-domba itu berlarian dia amat senang sekali menjaili domba-doma itu.
  Lalu sang kuda kembali bersembunyi kedalam semak-semak dia menunggu hewan lain datang melewati semak-semak itu dari kejauhan terlihat seekor tapir berjalan sambil mengunyah sesuatu dimulutnya, tapir itu berjalan dengan sangat lambat mendekati semak-semak namun ketika kuda itu meloncat ke arah tapir itu sang tapir terkejut dan lari sekencang-kencangnya menghindari menghindari kuda yang memakai kulit harimau itu. Sang kuda kini semakin senang mengganggu hewan-hewan lainnya dan dia kembali ke semak-semak itu menunggu hewan lain untuk dia kagetkan.
Klimaks

  Kini sang kuda menunggu lebih lama dari biasanya namun hal itu tidak membuatnya bosan tiba-tiba seekor kucing hutan berlari sambil membawa seekor tikus dimulutnya. Kucing itu tidak melewati semak-semak kucing itu hanya duduk menyantap tikus yang ia tangkap di dekat pohon besar, melihat hal itu sang kuda berinisiatif untuk mengagetkannya dari arah belakang. Kuda itu keluar dari semak-semak dan berjalan dengan hati hati agar lebih dekat dengan sang kucing ketika sudah sangat dekat dengan sang kucing, kuda itu mengaum seperti halnya seekor harimau namun kuda itu tidak sadar bahwa suara aumannya bukanlah suara harimau melainkan suara seekor kuda, mendengar hal itu sang kucing menoleh ke belakang dan dia melihat kuda itu dengan kulit harimau namun bersuara kuda.

Resolusi

  Hal itu membuat sang kucing tertawa terbahak-bahak “Apabila aku melihatmu memakai kulit harimau itu aku akan lari ketakutan tapi auman suaramu itu tetap bukan suara harimau melainkan suara seekor kuda”.

Koda

  Pesan Moral dari Kumpulan Cerita Hewan Fabel : Kuda yang memakai kulit harimau adalah sepandai-pandainya kita berpura-pura maka suatu saat akan terlihat juga kebohongannya. Kejujuran merupakan kata yang paling indah di dunia ini.

Penutup

Jadi itu dia Yang bisa disampaikan.

Semoga artikel tentang "Apa Aja Struktur Fabel Itu? Apa sih Orietansi, Komplikasi, dan Resolusi?" ini bisa membantu kamu dalam belajar.

Terimakasih untuk semua pihak yang sudah membantu, terutama kamu yang sudah mau menyempatkan waktu buat baca artikel ini.

Bye, dan jangan lupa kunjungi webschool.id

0 Response to "Apa Aja Struktur Fabel Itu? Apa sih Orietansi, Komplikasi, dan Resolusi?"

Post a Comment

Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2